Selasa, 03 Februari 2009

BOLA-BOLA KACA SANG SURYA

untuk Aira, jika ada 1 kalimatpun pesan tersiratq yg tak bisa kau tangkap, cari aku, tanyakan di t4 terpisah dr yg lain, sebelum kau salah mengartikanx. ini begitu penting untuk kau pahami

malam ini, sms dari titin teman SMPq dulu berbunyi:yasa, bisa jadi informanku u penelitianku?alx lagi meneliti tntang perilaku anak yang terlahir dari orang tua yang "multikultur"(saya perhalus sedikit bahasanya...biar lebih menghargai perbedaan)...akupun langsung ingat kisah ini

31 jan 09, 2.30 dini hari
sepulang dari rumah teman aku sempat nyeletuk: "betapa berharganya malam ini, banyak sekali pelajaran kudapat malam ini....mereka sempat bertanya, namun aku menjawab, "belum sekarang saatnya aku berbagi...nanti lain kali nah...."

25 jan 09, 14.30
inilah dialog antara ponakanku (surya,4 th) dan ibuku
surya: eyang(nenek), kenapa kelerengx cuma sedikit?belikan yah
ibu: waah, pabriknya di sukamaju dah tutup....(saya yang jadi pabrik bede,alx tu mainan sisaq)
surya: eyang nanti kalo ke makassar belikan kelereng yang buaanyaaak sekali, yah
ibu:iya, nanti dicarikan....

26 jan 09, 16.00 rumah sakit grestelina
dialogku dan ibu
ibu: itu surya minta kelereng, dimana belinya kalo disini
me: dimana yah?
ibu: ya nanti kalo sudah pulang tolong dicarikan

20.00 keluar dari RS after check up
ibu: ingat nanti surya dcarikan kelereng ya!
me: iya,bu...

27 jan 09:07.00 sarapan di rumah 316
ibu:eh, nanti jangan lupa surya dicarikan kelereng, trus bla bla, sama bla bla!
me: iya bu nanti dicarikan semuanya

waah harus dapat nih, kalo tidak,katax rumah yang nyamandi 421 takkan kutempati lagi kalo permintaanx ibu tak terpenuhi...hal itu terus menghantui perjalanan pulangq dari 316 ke 421, tanpa disadari hal itu menjadi faktor pendorongq u melaksanakan permintaan ibuq.akhirnya kusebar info lewat BULbo frenster, "dimana dijual kelereng?"...beberapa ada yang respon
2 diantaranya niar dan aira....
niar bilang ada di penjual dekat SD, trus di pasar xxxxxx lah blablabla,(ini anak ga tau kapan seriusnya)
aira pun bilang banyak di toko2, blablabla
akhrnya aku mnta tolong dibelikan, soalnya mereka rajin kesana(mejeng kok di pasar xxxxxx)

30 jan09, 13.49
aira sms: brapa butir mau dibelikan kelereng?
me sms: yah 10-20 saja.(sambil ngantuk)
aira sms: kelerengx adeq mo saya ambilkanq nah....
me sms: (ga kungat mi balasanx)

ternyata aira saat di pasar xxxxxx di hasut sama si niar, katanya malas jalan jauh hanya untuk cari kelereng...aduuuhhhh niar, niar....salahku juga kenapa waktu dia nanya u apa tu kelereng, sy nda jawab serius,malah main2, beda dengan jawaban seriusq ma Aira...
ahhh,Niar, dia g tahu bahwa waktuq disini akan semakin sempit. kalau itu terjadi, kapan lagi aku akan melihatmu hah,..,.,.(sahdux,ketularan si Arai)

sampe sore aku menunggu mereka pulang, sementara aq pun sempat ambil pesanan komputerx kakakq si rappocini(sedikit bede,sedikit dari hongkong, isinya dua plastik besar)
kubujuk aira untuk bawa kelerengx, karena besok subuh ibuq sdah berangkat,dan aku tak kan pulang dengan 1 pesanan tak terpenuhi. (awalx minta ketemu di kuburan panaikang atau Mandala, tapi sama2 jauh dari rumahnya tawwa). siip, setelah janjian kerumhnya Aira malam ini aku pulang kerumah 421, untung ibuku ternyata nginap di 316(rumah tante)...sembari masak, aku hampir lupa dengan janjiku pada Aira...tiba2 smsnya datang lagi...
pukul 19.34
Aira: jam berapa kesini? janq t'lalu mlam dtg naa....
Me: siip, abis msak langsung kesana

ya ampuun, ternyata aku tersesat di kompleksx(maklum baru satu kali kesana)...mana gelap, ujan, jalan becek, banyak bebek,erkkkkkk...akhitnya dengan alasan beli permen kopika(samaran)aku bertanya pada ibu warung,
me: ibu, disini nomor berapa?
ib war: 246, kenapa
me: kalo rumahnya mama Aira dimana?(sesuai arahan Aira sore tadi)
ib war: oooh, di dalam sana, blok "angka-huruf" nomor "angka-angka "
me: trims banyak ibu...

sesampainya ku dirumah Aira aku bertemu ayahnya, waduh, ini pertama kalinya aku sendirian kerumah prempuan, malam2 lagi, di kota pula(di kampung beraninya rame2)
tapi ini LUAR BIASA,sungguh diluar dugaan, ayahnya sangat ramah dan santun, beda dengan kebanyakan orang makassar (pada umumx), akhirnya aira keluar juga, u mencairkan suasana aku sengaja liat2 fotox di ruang tamu yg lagi pake baju daerah, kontan ia merengek,"janq liatiq, malu2 ka"
setelah itu ngobrol biasa,dia pun agak santai, betul2 seperti anak remaja seusianya, mulai dari cara duduk sampai cara ngomongx, beda dari yang kuliat sehari2....
sebenarnya ada hal lain yng cukup penting yg dapat dijadikan pelajaran bagi para blogger mania lainnya, namun saya mau ikuti sarannya pitenk dulu, postinganx jangan terlalu panjang.ok deh nanti buat artikel yg lain...
hal penting itu seperti ketika bertemu ibux aira,trus ngobrol dengan didi(samaran)adikx Aira yg berkelereng, maksudq yg punya tu kelereng....trus, atap bocor karena ujan, acra global TV,t4 asik onlen lwt Fs, baca Buku,dll(makin lama kok rincianx jadi makin ga penting ya)
saat pulang, aku baru tau betul tentang apa yang sebenarx terjadi di rumahnya, Tekanan Batin dari segala Penjuru sepertinya ia alami pula, meskipun ada yng tak langsung jg sptiq...seperti ortux yg multikultur, kebiasaan2 lain dll...belum lagi ia putri sulung yg mengayomi adik2x...pencairan suasana setelahx pun kulakukan dengan pertanyaan tertentu, dari awal ia mengelak menjawab scra pasti pertanyaanq(mungkin takut boong, tkut juga kalo jujur)...setelah kupancing2 akhirnya aku bisa membaca dari bahasa tubuhnya, bahwa apa yang aku duga dari pertanyaanku itu benar...yah, 1-0.....oh iya, pertanyaan itu tak ada hubunganx antara aku dan dia......yg jelas topik lain...kopika yang kubeli (alasan beli) juga sempat kuberi u mengakhiri kunjunganq....(pake jual mahal lagi ga mau permen,huuhf).
di jalan, ibu menelepon,(kata2x sedikit dipersingkat yah)
ibu:di mana?
me:di jalan,bu
ibu: kamu nginap dimana?
me: kyakx di 421 bu
ibu:ya sudah, kalo gitu, hati hati...
LUAR BIASA, kata2 ibuku yang ditelepon diucapkan dengan intonasi&lafal paling halus yang pernah kudengar...selain itu aku pun langsung tau kunci-kunci utama u menghandle my nuclear familyq ini,dan berapa faktor penting lainnya walaupun aku sempat membuat blunder tadi sore, tapi untung ada Arai...ya Tuhan, Berkahmu tiba tepat pada Waktunya.....
akupun sempat singgah ke rumah teman karena sudah janji, sebenarnya sudah lewat 1 jam, tapi kan dah di delay waktu dirumahnya Aira karena hujan n I was so cold at that time...
akhirnya 31 jan09 tba dan kembali ke awal cerita

pagi harinya sebelum masuk kelas, aku sedikit terpaku dengan bola-bola kaca kecil yang sebentar lagi akan menjadi mainan si Surya,kini aku masih bisa sedikit menikmati rumah 421 u beberapa saat, sebelum akhirnya akan kutinggalkan beberapa hari lagi ketika tugas2q telah selesai...betapa beratnya perjuangan u mendapatkan beberapa butirx...mulai dari sejak kluar dari RS, sampai harus hujan2an sepanjang hari. tapi itulah, ketika hasrat kita menggebu2 karena impian kita, maka kita akan berani keluar dari zona nyaman dan berani membayar harganya di depan....baik sadar ataupun tak sadar, nurani kita berbicara....


yaa ampun, sampai detik ini aku belum bisa menemukan konklusi dari cerita bola2kaca sang surya, begitu banyak pelajaran yang kudapat disepanjang perjalanan dan di rumah Aira, sampai2 bingung mana yang diprioritaskan u di sharingkan ke blogger mania....
u itu aku berinisiatif memberikan sesuatu u Didi, adik Aira...sesuatu yang sangat kusuka,meskipun tak seberapa....sempat Aira merasa risih, dan serba gimana sekali. tapi itu untuk adikmu Aira, betapa banyakx pelajaran hidup kudapatkan hanya dalam 2 jam melebihi 3 tahun terakhirq di makassar karena adikmu pun ikut memberikan jalan(walaupun hanya sebagai perantara)...
tak lain dari maksud itu.....
ingin sekali ku perlihatkan foto bola2 kaca itu, namun sayang flash diskq ada di kak andika lagi dipakai u data sablon baju.....lain kali saja, lagipula artikel ini belum finish di-edit...

1 hal yg kurasa menarik, q ingat dulu ketika kau jatuh, bebrapa saat kemudian kau sudah kembali normal(meskipun tidak melebihi normal, tapi itu pun cukup)..jarang ada remaja seusia kita kala itu bisa melakukannya...dan Kau BISA
Terima kasih, Terima Kasih,dan Terima Kasih Aira...Aku kan selalu mengingat hal ini...ku kan selalu berusaha membantumu sebisaq dimanapun berada, meskipun aku tahu, bahwa Tekanan dari segala penjuru itu sudah pasti akan membuatmu jadi orang besar, bahkan lebih dari 2 orang spertimu sebelumnya yang pernah kukenal dan pernah bersama denganq ..ketahuilah...1 diantara mereka yang kumaksud adalah org yang mungkin berbeda pndapat denganmu, tapi ia adalah orang yang akan membuatmu lebih dari apa yang sempat engkau pikirkan....

kuharap masih ada waktuku untuk kembali melihat dan merasakan dalamnya perjuangan untuk mendapatkan BOLA-BOLA KACA SANG SURYA

Tidak ada komentar:

WISMU05

FOTO2