Sabtu, 14 Februari 2009

ARTI SEBUAH KEPERCAYAAN

Beberapa kali lagi seperti ini, mungkin sy akan merasakan u ptama kalix, suatu hal yang telah kalian alami sejak jauh2 hari...yaitu,,,KEKECEWAAN.itulah isi smsq pada bebrapa teman angkatanq....jujur, nda sanggupka ungkapkan ini semua di bulbo...kayakx terlalu berat, karena selama ini kayakx rasa percayaku pada mereka hanya terombang-ambing tanpa arah.....tapi kalau memang mau lebih tahu soal apa yang terjadi dua hari belakangan ini...silahkan pada pukul 20.15 wita teman2 berkunjung ke http://yasa23wismu05.blogspot.com/
insya allah sudah terposting ceritaku, dan aku kan berbagi dengan kalian....
itulah isi pembuka dari bulbo...

Sungguh, kalau bukan adik ulhy (kls3) yang mendatangiku di UKS tadi sore, mungkin aku takkan menceritakan hal ini padanya dan menyimpan hal ini seorang diri. aku bercerita padanya mengenai sikap dari adik2nya....ya ketika ulhy dkk tidak bisa membalas smsq atau menerima telponq, saat kami bertemu pasti mereka langsung mendatangiku sembari meminta maaf dan mengutarakan alasannya...aku pun biasa meresponnya dengan main2." ah,nda mau ja...pokokx marah ka." tapi justru adik2 mereka sepertinya sulit untuk melakukannya, kemarin hari jumat sejak siang, aku berusaha menghubungi adik2 pengurus untuk menanyakan perihal acara terdekat mereka, namun semua sms dan telponku tak digubris, kecuali hanya dua orang yang merespon, itupun mereka menjawab," tidak tahu"
hari sabtu ini, ditengah kesibukanku mendaftar PTN dan urus paket kiriman kakakq yang bermasalah, aku juga setengah mati menelpon dan sms mereka, namun hasilnya bisa dibilang nihil, anehnya saat bertemu di basecamp, justru mereka sama sekali tidak membahas tentang telpon dan smsq, jangankan minta maaf, ajak bicara pun tidak...awalnya aku berpikir mereka sibuk, tapi setelah diperhatikan, tidak sibuk juga kok. sesulit itukah mengajak bicara?Tyar pun sepertinya tidak diajak ngobrol soal ini acara deh. aku tahu mereka tidak suka dibanding2kan dengan yang lain, tapi perbedaan antara sikap mereka dan kls 3 sangat kontras....

flashback beberapa bulan yang lalu:
dulu kalian kan yang datang mengeluh padaku?dulu kalian kan yang datang meminta menyelesaikan konflik internal diantara kalian?dulu kaliankan yang minta teman2 kalian untuk ditegur?kalian kan yang cerita betapa susahnya memimpin angkatan kalian?kalian kan yang selalu mengirimkan sms terima kasih yang sampai sekarang aku blum mengerti benar apa maksudnya? kalian kan yang selalu meminta maaf dan maaf, padahal aku tak merasa klian bersalah pada klian?kalian kan yang datang menangis tersedu2 di depanku?kalian kan yang tidak terima atas apa yang diperlakukan kls 3 terhadap kalian?mungkin tidak semua dari kalian, tapi beberapa dari kalian yang minta bantuan.....setiap kalian minta maaf, aku hanya selalu berkata begini,"maaf untuk apa?setahuku kalian tidak salah apa2 sama saya, yang paling penting klian punya sikap yang baik." ya,seperti yg kubilang waktu kalian msih awal klas 1, "tidak masalah kalian mau bagaimana atau seperti apa sama saya, yang penting rasa saling percaya diantara kita masih ada. " yang kalian respon dengan derai tawa kala itu.
ya, tapi seperti yang kukatakan pada Ulhy td sore, mungkinkah aku punya salah pada kalian?
kenapa kalian membuat aku berpikir bahwa aku sudah menyusahkan kalian, sampai2 kalian tidak mau berkomunikasi lagi padaku? padahal yang ingin kutanyakan itu mengenai acara kalian juga. ataukah kalian sudah bosan karena sering kumintai tolong, atau yg lebih tepat mungkin "sering ku suruh"? ya, aku selalu meminta kalian untuk mengerjakan sesuatu karena itulah bentuk kepercayaanku pada kalian, mkin sering dan makin sulit pkerjaan yang aku mintai tolong,makin percaya aku pada kalian...bukan berarti aku malas atau gengsi sebagai senior yg tidak mau mengerjakan hal kecil. Tidak, Tidak, Tidak sama Sekali, tapi aku juga ingin memberdayakan kalian.aku ingin kalian juga paham dan mahir bagaimana sih cara mengerjakannya...tahukah kalian bahwa kakak2 kalian yang lain sudah angkat tangan dan mundur menghadapi kalian?mereka sudah kecewa pada kalian sejak jauh2 hari, mereka tetap hadir karena ikatan emosional dan tanggung jawab saja....beberapa kali mereka juga minta aku untuk ikut mundur, bebrapa kali juga mereka minta untuk sedikit 'keras' pada kalian, beberapa kali mereka bilang bahwa aku tak kan bisa memberdayakan kalian, namun beberapa kali juga aku diam dan berjanji dalam hati akan memberikan bukti mereka....sampai hari ini aku masih ada di basecamp karena:
1. aku ingin betul2 membawa ilmu yg bisa jadi bekal di t4 baruku nanti
2. aku ingin terus membimbing generasi di bawahku untuk bisa terus berkembang bahkan kalau perlu bisa jauh lebih baik dari diriku, karena itulah kebanggaan terbesar seorang trainer, ketika ia mampu membuat seseorang lebih baik dari dirinya.

karena itulah, sesungguhnya aku datang bukan karena tanggung jawab, akan tetapi karena dorongan hatiku sendiri, karena aku haus ilmu, karena aku punya rasa "memiliki" kalian, dan karena aku ingin berbagi....aku tak pernah berorientasi pada tanggung jawabku sebagai senior, , yang penting aku betul2 pasti dapat kepercayaan untuk melakukan suatu hal,aku tidak peduli dengan mandat yang diberikan kakak2 berupa SK atau apa semacamnya tidak kuperlukan . toh kalau aku kabur mereka tidak bisa mengikatku dalam sebuah lembaga resmi, paling banter hukuman yang kutrerima cuma sanksi moral dari kakak2 yg lain....aku tidak pernah menggubris ancaman2 kakak2 senior yg lain, tak peduli dengan tekanan dari mereka, acuh tak acuh dengan sindiran mereka...yang slalu kupikirkan adalah bagaimana nanti kalau kalian keluar dari sini kalian betul2 bisa menunjukkan kapasitas kalian yg lebih unggul dari teman seusia kalian yang lain...hanya itu...
kalian merasa selalu ditekan?kalian Mengeluh tak Mau ditekan, tapi kalian pun tak mau ikut bergerak maju, kalian sibuk dengan keluhan kalian, bukan dengan pencarian solusi.....mungkin aku kakak kalian yang paling terakhir yng betul2 belum menyerah atas kondisi klian, tapi melihat sikap kalian padaku, sepertinya diantara kita sudah tidak ada rasa saling percaya lagi, kalian mulai tertutup, tidak mau belajar mengerti bahasa tubuhq saat aku sengaja menampilkan ekspresi marah (padahal sebenarnya aku cm ingin beritahu bahwa kalian salah berbuat), sikapku saat menampilkan ekspresi itu kalian tafsirkan sebagai bentuk marah, padahal aku cuma ingin tahu kenapa kalian melakukan A dan Meninggalkan B, tapi kalian cuma duduk termenung saja, padahal saat itu aku mencoba mengajak kalian bicara dan ku hanya butuh respon dari mulut kalian, apapun itu...meski itu ungkapan kesal,marah, sedih, tangisan,makian, dan apapun itu. tak masalah, bahkan kalau kalian mau marah, padaku pun tak apa, silahkan. tak perlu takut,karena selama ini ku selalu tak bisa marah pada orang lain. kalian mau pukul seluruh tubuhku, menangis di punggung tanganku, meraung di hadapanku pun tak masalah, aku juga sering menghadapi hal itu di tempat lain kok.
tadi aku menunggu kalian datang padaku, untuk setidaknya ajak cerita soal kenapa tidak merespon smsq atau telponq, atau setidaknya ajak crita tentang acara kalian yang menurut isunya tinggal satu minggu lagi...aku tak mau dengar dari mulut kakak2 yg lain, karena pastinya beda, selalu dibumbui dengan pendapat mereka, makanya aku butuh langsung dari kalian, supaya aku juga bisa berikan sedikit gambaran.betulkah acaranya minggu depan? bagaimana persiapan? tapi kenapa kalian tidak datang? padahal kalian tidak sibuk2 amat...aku sudah terlanjur bilang pada kakak2 yg lain, 'kalau nanti sampai keluar ka dari UKS dan pulang , trus adik2 belum ajak ngobrolka perihal sms,telpon atau acaranya menggu dpan, pokoknya tidak akan datang ka lagi ke Sekolah kecuali dipanggil u menyelesaikan dulu 3 hal tadi."

terlalu banyak toleransi yang kakak2 lain tidak kasi, tapi ku kasihkanq.tadi ulhy dan rahmat juga sudah kuberi tahu juga perihal hal ini, bahkan salah satu dari pengurus yang di UKs juga sempat kuberitahu,"daah, mungkin terakhirma ini ke skolah." tapi dia hanya merespon,"deeh, kita kayak mau mati besok saja"
ya, mungkin jika kalian sudah membaca artikel ini, yang ada dipikran kalian adalah aku orang yang antagonis, selalu membuat susah, cari perhatian, cari sensasi, mau populer, mau diperhatikan, gila hormat, kurang kerjaan, cepat marah, cepat tersinggung, cepat mengeluh, slalu bikin masalah, bikin tambah pusing,atau apalah....
tapi yang perlu kalian tahu, selama kalian masih inginkan aku membantu kalian, aku akan siap selama kalian juga percaya padaku....tidak pedulika dengan komentar orang luar(kk2,tman2q,dll). akan selalu ka berusaha untuk tidak sampai pernah mengucapkan kata2 yang sering diucapkan teman2 n kakak2. "saya Kecewa sama Kalian"

untuk mengmbalikan kepercayaanku pada kalian yg sedang labil, tidak perlu kalian sampai datang minta maaf, cukup kalian jlaskan saja knapa kalian tidak merespon sms dan telponq, justru saat aku ingin membantu kalian di saat terakhirq disini...padahal rencananya aku ingin membuat kenangan manis dan kesan yang baik.
hanya itu, cuma butuh ja jawaban, apapun itu yang bisa buatka mengerti...dan kita akan bekerja sama lagi setelahnya....STILL FIGHT....

Nb: trims buat
-ulhy, tadi masih terus di depanku, padahal sudah kusuruh pulang. Dan disaat mulai ka berpikir ada salahku sm adik2 shingga sms n telponq g tanggapi, dia justru mngatakan,"perasaanta jie itu kak!"
-Rahmat, yang masih perhatian ma ini acara, katanya kemarin sempat menyelipkan pertanyaan soal acara minggu dpan disaat kakak2 n adik2 lagi asik ngobrolin hal yg ga penting di basecamp
-k zamhier, yang menyarankan untuk main defence waktu di uks


Tidak ada komentar:

WISMU05

FOTO2